Senin, 04 Juli 2011

Kenapa Harus Berdoa ?


Manusia adalah makhluk sosial yang selalu berhubungan antara yang satu dengan yang lain. Dengan kata lain, manusia disebut sebagai makhluk yang selalu membutuhkan komunikasi sehingga para pakar komunikasi menyebutnya sebagai homo communicus. Betulkah teori tersebut?  
Doa adalah perwujudan rasa cinta seorang hamab kepada Allah SWT, sekaligus pengakuan akan kebutuhan dan pertolongan-Nya. Hakikat doa sebenarnya juga meminta kekuatan dan perlindungan kepada Allah SWT. Dalam doa ada makna memuji Allah SWT, ada pengakuan bahwa Allah Maha Mulia lagi Maha Pemurah.

Orang yang selalu berdoa kepada Allah menandakan bahwa ia adalah orang yang dekat dengan Allah dan Allah pun akan dekat bahkan mengabulkan doa hamba-Nya. Sebaliknya, orang yang malas untuk berdoa kepada-Nya termasuk orang-orang yang sombong sedangkan Allah sangat membenci orang-orang sombong. Dalam sebuah hadits, Rasulullah Saw bersabda, "Barangsiapa tidak (pernah) berdoa kepada Allah, maka Allah murka kepadanya." (H.R. Muslim)

Itu semua menjadi ciri pengabdian dan penghambaan.
Rasulullah SAW bersabda,
"Barang siapa yang tidak meminta kepada Allah, Allah marah padanya."


Beliau juga bersabda,
"Sebaik-baik ibadah adalah doa."
Diriwayatkan dari Nu'man bin Basyir, Nabi Muhammad SAW bersabda,
"Doa adalah ibadah. Dan Tuhan kalian menyeru: Berdoalah kalian kepadaKu, pasti Aku kabulkan doa kalian."

Rasulullah juga bersabda,"
Sesungguhnya orang yang paling bakhil di antara manusia adalah orang yang pelit salam. Dan selemah-lemah manusia adalah orang yang tidak mau berdoa."

Itulah mengapa kita dianjurkan untuk memperbanyak doa. Namun bagaimana kalau doa yang kita panjatkan secara terus menerus tidak kunjung dikabulkan? Jangan khawatir karena mungkin saja pengabulan doa tersebut ditunda beberapa tahun ke depan atau sampai hari kiamat. Ini sebagai bukti kasih sayang Allah kepada kita karena Ia Maha Mengetahui segala kebutuhan kita. Belum tentu permohonan yang kita panjatkan baik menurut Allah. Dan mungkin saja yang menurut kita tidak baik, adalah baik menurut Allah. Pengabulan doa adalah hak prerogatif Allah. Artinya, doa tersebut akan dikabulkan jika menurut Allah hal tersebut baik bagi diri kita.

Jadi jangan pernah putus asa berdoa karena Allah akan selalu mendengar dan mengabulkan doa-doa kita. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Games Online

Taxi Truck

Play free Games - a game from Driving | Racing Games