Kamis, 07 Juli 2011

Wow...Ada Alat Penerjemah Bahasa Hewan?


Pernahkah Anda mendengar kisah tentang Nabi Sulaiman yang dianugerahi Mu'jizat berbicara dengan hewan? Atau pernahkah Anda berandai-andai memiliki kemampuan berbicara dengan hewan?

Baru-baru ini sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ActaAstronautica menemukan alat penerjemah bahasa hewan, khususnya lumba-lumba. Sekelompok ilmuwan Amerika sedang mengembangkan sebuah komputer bawah air yang mencoba untuk mengenali suara lumba-lumba dan kemudian merespon secara real time.

Dalam waktu dekat mereka akan  menguji mesin ini di lepas pantai Florida dan jika berhasil, ini akan menjadi langkah besar dalam membangun komunikasi antara manusia dan hewan. Penelitian yang dipimpin oleh Dr Denise Herzing ini, akan mencatat semua jenis suara lumba-lumba dalam katalog dan berharap menemukan struktur bahasa hewan penolong ini. Dr Herzing dan timnya berharap, upaya ini akan mampu menciptakan bahasa yang mereka bisa gunakan untuk berbicara kembali ke lumba-lumba dengan bantuan mesin penerjemah.

Mesin penerjemah tersebut bekerja dengan menggunakan sistem hydrophones untuk mengambil suara lumba-lumba dan layar LED untuk menunjukkan arah dari mana mereka berasal. Ketika mereka menerima suara, para penyelam kemudian akan memutar salah satu 'kata' dan melihat apakah lumba-lumba akan meniru mereka.

Sebelumnya, ahli biologi telah meneliti perilaku komunikasi dua arah dengan lumba-lumba di alam liar. Dr. Herzing dan rekan-rekannya di Wild Dolphin Project di Jupiter, Florida, mendidirikan suatu bentuk pusat bahasa primitif dengan menggunakan suara, simbol dan alat peraga. "Banyak penelitian tentang berkomunikasi dengan lumba-lumba, terutama di penangkaran, yang menggunakan ikan sebagai hadiah," kata Dr. Herzing

Dr. Herzing menambahkan dari cara-cara awal yang telah dilakukan, sangat jarang lumba-lumba meminta lebih dulu untuk berkomunikasi dengan kami. Selama tiga tahun penelitian itu, para ilmuwan telah bermain dengan lumba-lumba untuk 40 sesi, dan setiap sesi dibutuhkan waktu permainan sekitar setengah jam.

Hasil penelitian lain menyebut, lelaki kurang tertarik dalam berinteraksi dengan lumba-lumba, sementara perempuan justru sangat menikmati berinteraksi dengan lumba-lumba. "Ini adalah bukti bahwa perempuan memiliki banyak waktu bermain, sebelum mereka menjadi seorang ibu yang sibuk," ujar Dr Herzing.

Hasil penelitian lain lagi menyebut bahwa lumba-lumba akan menirukan gerakan manusia setelah melakukan kontak mata terlebih dahulu.




Sumber : today.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Games Online

Taxi Truck

Play free Games - a game from Driving | Racing Games