Rabu, 07 September 2011

Ini Dia Jenis Makanan Penghancur Lemak


Usai Lebaran, banyak orang mengeluhkan berat badannya semakin bertambah, meski sudah mengurangi porsi karbohidrat. Karenanya, diperlukan beberapa makanan yang berfungsi sebagai penghancur lemak.

Maklum, saat lebaran makanan yang disajikan cenderung berlemak dan tinggi karbohidrat, kurang vitamin dan kurang serat dan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Karena, selain vitamin dan mineral tubuh juga tetap memerlukan serat. Nah, berikut ini beberapa jenis - jenis makanan yang mengandung serat untuk menghancurkan lemak :

Cincau hijau

Mengandung karbohidrat, polifenol, vitamin A dan B. 100 gram cincau hijau mengandung 6,23 gram serat kasar, memadai untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Manfaat lain, yakni mengurangi panas perut, menurunkan tekanan darah, meredakan disentri, sariawan, bisul, dan demam.

Agar-agar

Agar-agar, yang terbuat dari rumput laut, mengandung serat pangan larut air. Sifat serat pangan yang bersifat larut adalah kemampuannya untuk menurunkan konsentrasi kolesterol darah sehingga dapat mencegah penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Cincau hitam

Secara tradisional dipercaya sebagai pereda panas, demam, sakit perut, diare, batuk, pencegah gangguan pencernaan dan penurun tekanan darah.

Teh hijau

Mengandung polifenol, antioksidan dosis tinggi yang efektif memerangi radikal bebas. Senyawa polifenol membantu menjaga pembuluh darah dari kontraksi yang berpotensi menaikkan tekanan darah, juga membantu mengurangi risiko kanker, serta efektif untuk menurunkan berat badan.

Teh rosela

Penelitian menunjukkan, rosela mengandung betasitosterol yang mempunyai struktur kimia mirip kolesterol. Fungsinya menghambat penyerapan kolesterol.

Konsumsi 1 liter teh rosela sebelum sarapan selama 4 minggu juga mampu menurunkan tekanan darah tingkat rendah dan sedang. Daya kerjanya hampir sama dengan obat anti hipertensi komersial.




Sumber : inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Games Online

Taxi Truck

Play free Games - a game from Driving | Racing Games